.

Perfect Bullish

Written by on ,
Perfect bullisih adalah satu kondisi sempurnanya suatu trend naik, dimana dipenuhi dengan kondisi  harga penutupan dari moving average jangka pendek harus diatas moving average jangka panjang,  MA 5 diatas MA 20 diatas MA 60, itu persyaratan dasar.





Kondisi ini tentunya sangat ditunggu bagi trader saham di Indonesia, hal ini jelas kenapa karena trader saham di Indonesia hanya bisa membeli (buy) dan tidak bisa melakukan posisi jual kosong (Short), membeli adalah identik dengan gerakan beli diatas jual di bawah, sedang short adalah menjual dulu di atas baru membeli lagi di bawah.

Dari chart IHSG diatas, dengan kriteria closing candle IHSG harian, bila MA 5 di atas MA 20 dan MA 20 di atas MA 60 sehingga formasi berurutan dari atas adalah MA 5, MA 20, dan MA 60 adalah kondisi ideal suatu trend bullish. Pada chart dapat dilihat pada bulan Juli 2014 (awal bulan) sampai September 2014 (awal bulan, minggu-minggu awal) IHSG dalam masa perferct bullish.

Dalam masa seperti ini trader harus memanfaatkan moment terbaiknya dengan trading pada saham saham penggerak indeks dengan kapitalisasi besar. Karena gerakan yang sedemikian massive dan berkelanjutan pastinya ada bahan bakarnya, yaitu volume yang kuat. Perhatikan saham saham dari kelompok sektor industri yang bisa leading (lebih tinggi growthnya) diatas IHSG. Bila anda berhasil menemukan sektor yang leading di atas IHSG maka tidak akan sulit untuk mendapatkan saham saham anggota sektor tersebut yang bergerak naik.